Bintuhan-Kaur Gelap Gulita

Malam ini habis magrib saya duduk di ruang tamu seorang diri dengan berteman lampu minyak tanah, semua terasa sepi hanya terdengar air hujan yang jatuh. Malam ini begitu sepi, dan gelap gulita karena semenjak penggantian kepala ranting PLN Bintuhan pemadaman listrik menjadi tak menentu. Kadang siang, mati sebentur hidup lagi. Setiap malam semenjak peresmian PLN Ranting Bintuhan lampu dari PLN selalu mati. Sungguh hati ini terasa muak akan semua ini, pusing, dongkol, marah, sedih tapi tak tau harus bagaimana lagi.

Kemudian sehabis makan di benak ini terlintas untuk membuat blog khusus mengenai situasi di Kabupaten Kaur saat ini terutama Bintuhan. Kemudian saya langsung membuka handphone dan mengetikkan alamat wordpress.com setelah lebih kurang 5 menit, proses setup pembuatan blog ini selesai saya langsung menulis postingan pertama ini, mengenai situasi yang mengenaskan saat ini

Aduh, pegal mulai terasa di jari jempol maklum nulisnya pake hp, mau nulis di komputer apa boleh buat lampu dari PLN belum juga hidup. Hujan turun semakin deras, malam semakin gelap, kepala mulai tambah sakit. Maaf, ceritanya cukup sampai di sini dulu karena jari saya sudah terasa berat.

Harapan saya masyarakat kaur yang datang ke blog ini dapat menambah cerita lewat komentar, bantuan dan dukungan mengenai forum ini sangat saya harapkan. Karena saya terus terang sangat merasa muak dengan situasi-situasi yang dialami oleh tanah kelahiran ini. Bumi Kaur hanya dijadikan tempat memperkaya diri, tapi semua program dan kebijakan banyak yang terasa belum menyentuh hati masyarakat. Bukannya semakin lama rakyat jadi sejahtera, tapi malah menderita. Mari kita bicarakan bersama mengenai situasi di Kabupaten ini.

Terima kasih saya tunggu partisipasi semua masyarakat Kaur dalam Forum Kaur ini.

Iklan

24 Responses to Bintuhan-Kaur Gelap Gulita

  1. Admin FK berkata:

    Woi…Luk mane kie..Mpai hidup senegal lah bedetup mati agi lampuni..Tinggal sekendak pe’ut saje.

  2. Admin FK berkata:

    Nah…De sempi’e hidup luwut, te’ang juge dunie ni.

  3. Admin FK berkata:

    Ternyata keesokan harinya, Kepala Ranting PLN Kaur Suharmanto, SIP mengatakan lewat RB Selasa, 26 Nopember 2008, bahwa pihaknya telah mengusulkan penambahan mesin baru untuk mengatasi aksi byar pet yang sering terjadi, rencananya mesin akan ditempatkan di Desa Tanjung Beringin Kecamatan Maje, sebagai tambahan bagi mesin yang sudah ada. Mudah2an saja segera terealisasi.

  4. Mainangan berkata:

    Mantaplah kalo begitu, sudah pegal, capek…Lampu mati mulu…

  5. Durian Bantal berkata:

    Permisi…Salam kenal

  6. Admin FK berkata:

    Ya, kami tunggu kontribusinya durian.

  7. Heryan Tony berkata:

    Dalam beberapa hari ini sudah ga da lagi pemadaman, mudah2an sudah bagus.

  8. Herman berkata:

    semenjak penggantian kepala ranting PLN Bintuhan pemadaman listrik menjadi tak menentu.

    Perlu hati-hati membuat kesimpulan seperti tertulis di atas. Pemadaman listrik lebih bayak disebabkan oleh prioritas pembangunan pemerintah cenderung bias ke kota, sementara desa-desa (remote area) kurang diperhatikan. Ketimpangan pembangunan inilah yang harus te’us kite kritisi.

    Supaya nyaman berdiskusi, boleh dong Admin memperkenalkan diri. Meski internet ini dunia maya, tapi identitas merupakan salah satu bukti kalau kita serius untuk menjadikannya alat komunikasi yang bisa dipertanggung jawabkan.

    Salam kenal ndai jeme Aya’ Langkap.

  9. apriong berkata:

    Bumi kaur bagusnya untuk memperkaya diri atau untuk memiskinkan diri..?!?!?

  10. Rizal berkata:

    Memang sih perlu ada perubahan, dari dulu juga listrik di kaur selalu bermasalah. Tapi jangan menyerah berbuatlah dan belajarlah terus walau dengan lampu tuguk. Aku dulu juga begitu, 30 tahun lalu…

  11. andry_NS berkata:

    salam kenal……!!!!
    aq juga orng kaur……lg kuliah diUNAND smt 5

    yah….itulah kondisinya.

    oya….ini ajang komunikasikan????
    emm…. kalo kasih opini blh kan??????
    Sebenarna dengan adanya otonomi daerah, pemerintah kabupaten punya kewenangan untuk melakukan tindakan guna mengatasi permasalahan listrik yang terhitung telah menahun ini……..!
    Kenapa selama ini para pengambil kebijakan tidak melakukan tindakan konkrit, misalnya saja dengan mengelola sendiri secara independent sistem kelistrikan yang ada dikabupaten kaur…!!!!misalnya dengan membeli sendiri mesin pembangkit namun tetap menggunakan fasilitas (tiang listrik dan jaringann pendistribusian)pihak PLN,hal tersebut tentunya akan mengurangi daya (watt) yang harus dihasilkan oleh pihak PLN , saya rasa pemda kaur punya cukup dana untuk itu, jika TIDAK,kenapa biaya perjalanan para anggota dewan yang notabenenya belum merupakan prioritas tersedia, bahkan melimpah….??????Tanya kenapa……!!!!

    emmm….buat bang ADMIN FK….pliz ajarin ngeblog dunxz…..!!!!atw kira2 ada g` yang baik hati pengin ngajarin…sekalian aja bikinin..he..he..!

    bwt heriantony, kayakna aq kenal ma km bro!!!!
    salam kenal aja bwt semua kaur lovers……luv u all
    “save kaur…..”

  12. code pilyang berkata:

    kaur tercinta kita inggin maju,,,,,,jg dulu berharap bila urusan mati lampu saja belum bisa diatasi…lampu pada jaman sekarang merupakan sinar harapan,,,nyalakan lah sinar harapan itu akan kita dapatkan kaur yang sejahtra makmur dan sentosa,,,listrik merupakan titik penentu jaman modoren,,,dr listrik lah putra putri terbaik kaur melihah dunia jangan biarkan kami buta karna lampu mati…. terimakasih bang admin fk…anda secara tidak langsung telah menjadi sinar harapan bg kaur.

  13. jemekinal berkata:

    kota2 mju sje msih bnyak ye belunyie,aplgi kaur ye mpai seumur jagung.kte hrp sje pra pngambil kbjakan dpt bner2 membrikan yg trbaik utk kaur kta tercinta,,,
    bner g om,,?? slm knal ya buat smua njak jemekinal

  14. Meihana 248 berkata:

    Listrik di Kaur sering padam tak terjadwal.
    Para kades khususnya di kecamatan Maje dan Nasal, dalam waktu dekat ini akan menggelar unjuk rasa di gedung DPR.
    Mendesak agar wakil rakyat, ikut mengambil tindakan menyelesaikan solusi listrik ini.
    Sementara itu, kantor PLN Ranting Bintuhan di jaga ketat oleh pihak berwajib.
    Semoga saja, aksi bakar-membakar kantor PLN seperti yang terjadi di Kaur 1996 lalu, tak terulang lagi.

  15. Joni berkata:

    salam kenal buat admin FK dan adik sanak di kaur…

    Numpang komen awu, pak admin..!!!

    maaf pakai bahasa indo…

    Mmmm.pasilitas kab. kaur masih terlalu muda untuk memuaskan masyarakat, itu wajar. Menuju ke kearah memuaskan tentu memerlukan proses. itu sudah hukum alam. Jadi agar masyarakat maklum..hehehhe

  16. Joni berkata:

    maaf menaggapi opini ANDRY_NS.

    Mmmm.boleh-boleh. tapi tidak boleh saling menyalahkan di bagaian yang lain, DPRD juga tugas dan kewajiban masing2.

    dari perkataan saudara andry sepertinya sudah bisa memprediksikan dana pemda, tentu bisa donk memprediksikan pengeluranya dan pendapatanya..KAUR kab baru lo, semua sistem tentunya ingin dimajukan, jadi semua membutuhkan biaya juga kan..brapa yang tersisa?!!

    membeli sistem pembangkit listrik itu, sepertinya bukan agaran dana yg kecil dan tindakan yang gegabah..
    perlu diperhitungkan dg matang karena listrik sangat lah Vital..

    Lambannya pembenahan listrik mungkin agak wajarlah ya?!
    1) Seberapa besar kemampuan dan jumlah tenaga ahli LISTRIK di kaur?!!
    2) seberapa modern peralatan yang digunakan oleh PLN di Kaur?!!
    3) seberapa anggaran, cepat akses mencari alat yang dibutuhkan?!!

    Sekiranya agar di perhitungkan point2 diatas sebelum memberi opini untuk mencari solusi yang terbaik untuk kaur kite..bukan dengan melihat kemewahan di sistem lain.hehehe. itu bukan solusi.!!!

    MAAF SEBELUMNYA..!!!!

  17. Joni berkata:

    Masukan buat ANDRY_NS..

    ..Ngeblok..
    mencari suatu data/artikel di dunia maya, tentu bukan masalahkan buat anak UNAND.hehehe..Nah search saja di google, untuk cari tutorialnya. dari awal hingga permasalahan komplex, disitu biasanya dibahas..

    nah, kalau sekiranya ada bagian yg tidak mengerti baru tanya dengan yg lain.hehehehe

    sepertinya ngeblok di wordpress ini, kita hanya design grafik atau tampilahnya saja. yang tentu pasilitasnya telah disediakan oleh mereka. kemungkinan besar tidak bermain dg scrip…

    itu menurut ku yang anda harus tempuh and gambaran ya.hehehehe

  18. heruwin berkata:

    :thumbsup:sanak2 di kaur Cubo kunjungi jualan ambo sbentar.. kalu ado info prospek yg ndak beli klak ado fee dari ambo 1 juta..ok:thumbsup:|

  19. heruwin berkata:

    sanak2 Cubo kunjungi jualan ambo sbentar..
    kalu ado yg ndak beli klak ado fee dari ambo 1 juta..ok

    Daerah kaur belum ado cik..

  20. ARNAWI berkata:

    Salam kenal melalui Forum Kaur,
    Menyimak kondisi Kaur Gelap Gulita, saya turut prihatin dengan kondisi tersebut diatas, walaupun saya terlambat mengomentari tetapi tidak apalah.
    Cuman disini saya numpang bertanya kira2 sampai saat ini apakah kondisinya belum juga berubah ? Bagaimana sikap bapak-bapak pimpinan daerah bintuhan ?
    saran saya, cobalah ditingkatkan dari RANTING PLN menjadi CABANG PLN, karena saat ini ada program PLN masuk desa, kiranya informasi ini dapat disampaikan kepada Kepala Daserah Kabupaten Bintuhan, agar jemput bola ke PLN Pusat di Jakarta.
    Bila hal ini dijalani Insya Allah Kabupaten Bintuhan akan menjadi TERANG BENDERANG.
    Kalau kita hendak merubah nasib Kabupaten Bintuhan maka rakyat Kabupaten Bintuhan yang merubahnya, amin.
    Merdeka, selamat berjuang !!!

  21. Ujang Juhardi berkata:

    Kalau sudah terasa keadaan kabupaten kita kayak gitu, seharusnya sebagai putra daerah harus berbuat apa ? dan yang paling penting gimana kaur kedepan siapa memimpinnya ?, gimana cara kita menyikapinya

  22. ochiik berkata:

    haha ternyata sejak ditinggalkan kaur masih seperti yang dulu…
    adik sanak bayakan mi’uknye
    akik jakarta masih galak mati lampu

  23. ekaabdulwaheed berkata:

    salam kenal jak di bujang rantau dimadinah

  24. eko berkata:

    Ai prah lauluk i2 kaur mbk ini,luk mne ndx lncr hjean..
    ndang mtiknlmpu,bwt kaur terang sepanjang mlm……adk tu mta d blikan jenset 1rmh 1 jnset dgn bupati.jd glh PLN ndx mtikan lmpu beha`ian.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: